3 Cara Perawatan Pada AVR Alternator Agar Tidak Mudah Rusak

AVR alternator terbaik merupakan sebuah komponen yang perlu diperhatikan dan mendapatkan perawatan yang khusus. Hal ini karena fungsinya sangat penting yang mana digunakan sebagai mesin pompa yang bisa menghasilkan arus listrik yang bisa digunakan untuk menyalakan berbagai macam peralatan elektronik. Selain itu, digunakan juga pada mobil.

Komponen ini sangat penting karena diantara alternator dngan aki sangat terhubung kuat. Jika ada yang rusak salah satunya, maka akan membuat aliran listrik menjadi bermasalah. Maka dari itu, Anda perlu mengikuti beberapa cara untuk merawat AVR alternator, yaitu :

  1. Melakukan pengecekan pada kabel

Hal pertama yang harus diperhatikan adalah bagian kabel yang ada di mesin. Ada harus selalu melakukan pengecekan kabel secara rutin. Jika menjumpai kabel yang sudah rusah dan tidak bekerja dengan baik, maka Anda harus segera menggantinya akrena akan mempengaruhi kinerja dari alternator.

Selain itu, anda juga harus memperhatikan apakah ada bagian kabel yang terkelupas dan bersentuhan denga piranti lainnya. Ini berguna untuk menghindari hubungan arus pendek yang sering terjadi. Jangan lupa juga lakukan pengecekan pada sambungan kabel. Apabila ada yang terputus, segera ganti.

  1. Perawatan kelistrikan

Perawatan kelistrikan pada AVR alternator menjadi hal yang penting. Tapi sayangnya hal ini sering diabaikan.  Jika tidak diperhatikan maka bisa menyebabkan aki menjadi tekor.

  1. Memperhitungkan kapasitas listrik yang diperlukan

Cara perawatan ketiga dari AVR alternator  adalah dengan memperhitungkan berapa kapasitas listrik yang diperlukan. Sehingga tidak akan terjadi  arus listrik yang  terlalu tinggi maupun terlalu rendah. Selain itu, ini juga bisa membuat aliran listrik menjadi lebih stabil dan genset tidak akan mudah rusak mesinnya. Maka dari itu, Anda harus selalu melakukan pengecekan dengan cara menghitung kapasitas listrik yang diperlukan.

Itulah tadi beberapa cara untuk perawatan AVR alternator. Yuk  ikuti beberapa tips tersebut agar alterator tidak mudah rusak dan Anda bisa mendapatkan arus listrik dengan tegangan yang maksimal dan juga seimbang. Mengingat pentingnya alternator ini maka Anda harus senantiasa menjaganya dengan baik ya.

 

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *