YANG HARUS ANDA KETAHUI TENTANG AKI MOBIL

Kerusakan sistem kelistrikan atau aki mobil bisa sangat merusak. Jika Anda tidak tahu apa yang Anda lakukan, Anda bisa berakhir dalam situasi yang buruk. Misalnya, skenario terburuk adalah terdampar dalam perjalanan ke pertemuan penting karena aki mobil Anda mati. Jika Anda memperhatikan aki mobil Anda dan tahu apa yang harus dilakukan, kemungkinan besar Anda tidak akan mengalami kesulitan seperti ini. Aki mobil biasanya bertahan tiga hingga lima tahun, tetapi gaya mengemudi dan paparan kondisi yang keras dapat mengurangi masa pakainya.

aki mobil

Faktor-faktor yang dapat mengurangi masa pakai baterai

Seperti disebutkan sebelumnya, beberapa faktor mempengaruhi umur baterai Anda. Berikut beberapa di antaranya:

  • Sangat panas

Temperatur yang tinggi dapat menyebabkan cairan baterai menguap, mengakibatkan kerusakan struktural internal.

  • Sangat dingin

Sama seperti panas yang ekstrim dapat merusak, dingin yang ekstrim membuat oli mesin lebih kental, membutuhkan lebih banyak energi untuk menjaga mesin tetap bekerja. Akibatnya, baterai dipaksa bekerja lebih keras saat kapasitasnya berada di titik terendah.

  • Membiarkan aksesori listrik menyala

Salah satu kebiasaan buruk mengemudi yang sering dilakukan orang adalah membiarkan lampu, AC, atau aksesoris mobil lain yang bergantung pada listrik terbuka saat kita sedang parkir. Tindakan ini cenderung menguras baterai lebih cepat dari biasanya.

  • Kelembaban dan korosi
See also  KOMATSU MEMULAI OPERASI KOMERSIAL BULDOSER TIK BESAR YANG DIKENDALIKAN DARI JARAK JAUH

Beberapa korsleting listrik terjadi saat ada uap air di ruang mesin. Hal ini menyebabkan pembentukan korosi pada beberapa konektor listrik dan terminal baterai. Jika hal ini terjadi, dapat menyebabkan korsleting dan hambatan tambahan, menguras aki mobil Anda dengan cepat.

  • Alternator rusak

Ini adalah tidak punya otak; jika alternator rusak, menyebabkan energi baterai lebih cepat habis.

Cara kerja aki mobil

Kendaraan Anda mengandalkan aki mobil untuk menyediakan daya listrik bagi semua komponennya. Kendaraan Anda, misalnya, tidak akan berjalan jika tidak memiliki daya baterai. Aki mobil mengubah energi kimia menjadi energi listrik; tegangan diberikan ke komponen kendaraan sesuai kebutuhan dan aliran listrik yang terus menerus dipertahankan untuk menjaga agar mesin tetap bekerja. Anda dapat menggunakan energi dari aki mobil Anda untuk menghidupkan mobil Anda atau mengoperasikan komponen listrik lainnya seperti AC. mpo4d 2022

See also  AUDI MENGGUNAKAN KACA JENDELA RUSAK DAUR ULANG UNTUK E-TRON Q4 BARU

Kapan Anda harus mengganti baterai?

Sangat mudah untuk mengetahui kapan baterai Anda perlu diganti. Anda harus memperhatikan tanda-tanda berikut:

  • Mobil tidak dapat dihidupkan atau memiliki mesin yang lambat. Ini adalah tanda potensial bahwa baterai Anda harus diganti.
  • Casing baterai yang bernoda atau bengkak. Terjadi bila baterai terkena suhu tinggi atau diisi daya berlebihan.
  • Cairan baterai rendah. Dapat terjadi akibat kebocoran saat baterai rusak.
  • Bau tidak sedap dari mesin Anda. Merupakan tanda peringatan pasti yang tidak boleh diabaikan. Baterai yang rusak atau korsleting internal dapat menyebabkan kebocoran gas. Baterai yang bocor mungkin menjadi penyebabnya jika Anda mencium bau telur busuk saat membuka kap mesin.
  • Lampu peringatan mesin. Ini termasuk lampu baterai. Saat ini aktif, sering kali menunjuk ke masalah sistem pengisian daya.

Salah satu dari masalah ini mungkin menunjukkan bahwa aki mobil Anda telah mati atau mengalami masalah.

Langkah-langkah untuk melepas baterai Anda sebelum memasang yang baru

Memasang aki mobil adalah tugas yang sederhana, tetapi harus dilakukan dengan benar. Ada langkah-langkah penting dasar yang harus diambil.

See also  ACURA MENGUMUMKAN PENGENALAN SISTEM DI DALAM KENDARAAN GOOGLE PADA MODEL EV PERTAMA MEREK TERSEBUT, "ZDX" BARU

Langkah 1 : Ambil tindakan pencegahan keselamatan. Bekerja di area yang berventilasi baik dan selalu pastikan Anda memakai pelindung mata dan tangan.

Langkah 2 : Matikan mobil. Pastikan mesin mobil Anda dimatikan, dan Anda mengaktifkan rem parkir.

Langkah 3: Temukan baterai. Biasanya terletak di kompartemen mesin, tetapi di beberapa kendaraan, bisa di area bagasi atau bahkan di bawah tempat duduk di kompartemen penumpang.

Langkah 4 : Putuskan sambungan kabel arde dan lepaskan penahan baterai. Kabel biasanya berwarna merah, dan penahan baterai dapat berupa palang melintasi baterai.

Langkah 5: Lepaskan baterai. Angkat baterai dan jaga agar tetap rata saat Anda mengeluarkannya dari kendaraan.

Kata-kata terakhir

Setelah melakukan langkah-langkah di atas, Anda harus memasang baterai baru. Sangat penting untuk melakukannya dengan benar, atau Anda mungkin akan menyebabkan kerusakan. Carilah seorang profesional untuk memastikan bahwa instalasi sudah benar. K&M Tire & Auto dapat memasang Baterai Interstate secara profesional di kendaraan Anda. Kami juga menyediakan layanan lain seperti diagnostik mesin, pelurusan roda, oli dan filter, ban, dll.

You May Also Like

About the Author: Admin