Aturan Loker Bank mulai 1 Jan : Periksa detail tentang aturan baru, sewa, kompensasi

Aturan Loker Bank Sesuai pedoman baru RBI, yang diumumkan pada 8 Agustus 2022, dan mulai berlaku pada 1 Januari 2023. Bank bertanggung jawab untuk memastikan keselamatan dan keamanan tempat penyimpanan brankas.

Reserve Bank of India (RBI) mengatakan bahwa semua bank terkemuka harus menerbitkan perjanjian loker kepada pemegangnya sebelum 1 Januari 2023. Karena aturan loker baru akan diterapkan mulai tanggal tersebut.

Sesuai pedoman yang direvisi RBI. “Bank harus memastikan bahwa syarat atau ketentuan yang tidak adil tidak dimasukkan dalam perjanjian loker mereka. Selanjutnya, ketentuan kontrak tidak boleh lebih berat daripada yang disyaratkan dalam kegiatan bisnis biasa untuk melindungi kepentingan bank. bank. Bank akan memperbarui perjanjian loker mereka dengan pelanggan loker yang ada paling lambat 1 Januari 2023”.

See also  SBI mengumpulkan Rs 10.000 cr melalui penerbitan obligasi infra perdananya dengan tingkat kupon 7,5%
Aturan Loker Bank

slot7774d

RBI mengatakan semua bank perlu mengedarkan perjanjian loker baru kepada pemegang loker brankas mereka di bawah aturan baru. Bank dapat menggunakan perjanjian loker model rancangan IBA, yang harus mematuhi instruksi terbaru dan arahan Mahkamah Agung.

Sesuai pedoman baru RBI, yang diumumkan pada 8 Agustus 2022, dan mulai berlaku pada 1 Januari 2023. Bank bertanggung jawab untuk memastikan keselamatan dan keamanan tempat penyimpanan brankas.

Bank akan berhak membayar jika ada kehilangan konten loker akibat kelalaian bank, Aturan Loker Bank Yang Baru.

Pelanggan bisa mendapatkan hingga 100 kali lipat dari biaya bank jika barang berharga yang disimpan di brankas dirampok atau dihancurkan karena kebakaran atau runtuhnya bangunan.

“Adalah tanggung jawab bank untuk mengambil semua langkah demi keselamatan dan keamanan tempat di mana brankas disimpan. Ia memiliki tanggung jawab untuk memastikan bahwa insiden seperti kebakaran, pencurian/perampokan/pembobolan, perampokan. Dan runtuhnya bangunan tidak terjadi di lokasi bank karena kekurangan, kelalaian, dan oleh tindakan kelalaian/komisi sendiri. Karena bank tidak dapat mengklaim bahwa mereka tidak bertanggung jawab terhadap nasabahnya atas hilangnya isi loker. Dalam hal hilangnya isi loker disebabkan oleh insiden yang disebutkan di atas atau disebabkan oleh penipuan yang dilakukan oleh karyawannya. Bank kewajiban bank adalah untuk jumlah yang setara dengan seratus kali sewa tahunan yang berlaku dari loker brankas.”

See also  Kuota olahraga Bank of Baroda mendapat kehidupan kedua setelah diserap bank Vijaya & Dena

RBI mengatakan bahwa bank wajib memasang CCTV untuk memantau ruang loker. Selain itu, pihaknya juga meminta perbankan untuk menyimpan data CCTV selama 180 hari. Ini akan membantu dalam memeriksa apakah terjadi perbedaan.

RBI juga mencatat bahwa bank membuat ketersediaan loker menjadi publik dengan menampilkan informasi pada papan pajangan di dalam bank. Pelanggan harus diberitahu tentang daftar loker kosong, daftar tunggu loker, dan nomor daftar tunggu.

peringatan SMS

Untuk melindungi pelanggan dari penipuan, RBI mengarahkan agar masing-masing bank mengirim SMS dan email setiap kali pelanggan mengakses lokernya. Peringatan ini akan melindungi pelanggan dari penipuan.

Sewa loker

Bank sekarang dapat meminta deposito berjangka pada saat alokasi loker yang akan diambil sebagai sewa selama tiga tahun.

See also  HDFC Bank menargetkan menerbitkan satu juta kartu kredit setiap bulan

Untuk pemegang loker yang ada, bank tidak dapat menuntut Deposito Berjangka tersebut atau dari mereka yang memiliki rekening operasi yang memuaskan.

You May Also Like

About the Author: Admin