Kenalan Yuk Sama Panel ATS AMF

Tahu gak kenapa kalau di mal lagi mati lampu, cuma dalam hitungan detik udah nyala lagi lampunya. Atau kenapa kalau di rumah sakit gak pernah terjadi pemadaman listrik. Padahal pada saaat yang bersamaan wilayah mal atau rumah sakit itu sedang terjadi pemadam listrik dari PLN. Pasti jawaban pertama yang terlintas adalah, karena di mal dan rumah sakit ada genset yang menjadi sumber listrik saat aliran listrik dari PLN terputus. Gak salah sih karena memang genset berfungsi sebagai sumber listrik ketika sumber listrik utama terputus. Namun tentu saja genset itu tidak bisa menyala secara otomasi, harus ada operator yang menghidupkannya. Nah di sinilah peran penting dari panel ATS AMF.

                Apasih panel ATS AMF itu? Secara umum panel ATS AMF adalah alat yang bekerja dengan otomatis untuk menhidupkan dan mematikan listirk. Panel ATS atau Automatic Transfer Switch berfungsi untuk memindahkan listrik secara otomatis dari sumber utama atau PLN ke generator atau sebaliknya.  Sedangkan panel AMF atau Automatic Main Fuilure berfungsi mengatur sistem on off  pada mesin generator dengan otomatis. Jadi ketika listrik dari PLN terputus maka secara otomatis panel ATS akan memindahkan suplai listrik yang awalnya dari PLN ke genset sebagai sumber listrik cadangan. Lalu panel AMF akan secara otomatis menyalakan genset, untuk menyalurkan listrik. Semua proses itu hanya terjadi dalam hitungan detik.

Itulah kenapa di rumah sakit atau di mal sangat jarang terjadi mati lampu atau pemadaman listrik. Selain digunakan di mal dan di rumah sakit panel ATS AMF juga digunakan untuk tempat yang membutuhkan pasokan listrik yang besar dan stabil seperti pabrik, tempat usaha, perkantoran dan lain-lain. Selain berfungsi untuk menjaga kestabilan pasokan listrik, dengan menggunakanpanel ATS AMF juga bisa menghemat biaya operasional. Karena kita tidak perlu membayar operator untuk menyalakan dan mematikan genset secara manual, yang tentu saja tidak menghemat waktu dan kurang efisien.

 

 

Tagged : /

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *