Intelligent LiDAR adalah kunci untuk mengemudi secara otonom Platform teknologi AEye “4SIGHT” bertujuan untuk menjadi standar de facto

LiDAR dikembangkan pada platform 4SIGHT AEye. AEye juga menangani perangkat keras (manufaktur bersifat eksternal). AEye tidak memiliki fasilitas produksi dan biasanya memberikan lisensi melalui lisensi teknologi, tetapi ini adalah LiDAR merek perusahaan. Jenis keadaan padat. Ini ditandai dengan menjadi “adaptif cerdas”.

Seiring perkembangan otomotif yang bergerak cepat menuju Software Defined Vehicles (SDV), pentingnya platform teknologi sensor juga meningkat. Seperti apa teknologi platform teknologi LiDAR “4SIGHT” yang dikembangkan oleh AEye di Amerika Serikat?

LiDAR

Teknologi LiDAR yang cerdas akan sangat penting untuk mengemudi secara otonom dan kota pintar

Realisasi ADAS (advanced driver assistance system) dan mengemudi otonom membutuhkan evolusi lebih lanjut dari teknologi penginderaan. Kamera dan radar sudah tersebar luas, tetapi LiDAR (Light Detection and Ranging) lebih unggul. AEye, startup AS, menarik perhatian untuk pengembangan LiDAR-nya.

Perusahaan ini didirikan pada tahun 2013 oleh Luis Duson, yang berkecimpung dalam industri kedirgantaraan, termasuk merancang sistem penampakan untuk pesawat tempur. Subaru, GM, Continental, dan Aisin telah berinvestasi di AEye, yang mencakup insinyur dari NASA, Lockheed Martin, Angkatan Udara A.S., dan DARPA. Mereka mengembangkan platform LiDAR mereka sendiri “4SIGHT”.

See also  OKI dan Sumitomoberpartisipasi dalam "Eksperimen Demonstrasi untuk Meningkatkan Keamanan di Situs Lintasan" menggunakan 5G lokal.

“LiDAR adaptif yang cerdas”. Apa itu Adaptif Cerdas?

4SIGHT AEye adalah sensor solid-state yang tidak menggunakan mekanisme rotasi atau cermin fisik untuk struktur penginderaannya. Sumber cahaya tunggal digabungkan dengan cermin MEMS untuk melakukan pemindaian jarak jauh. Yang penting adalah teknologi perangkat lunak yang mengontrol pemindaian. Kelebihannya adalah banyaknya cahaya yang bisa didistribusikan secara optimal ke area yang ingin dipindai. Jangkauan dan pentingnya pemindaian berbeda saat mengemudi dengan kecepatan tinggi dan dalam situasi kompleks seperti kemacetan lalu lintas dan parkir. Kekuatan 4SIGHT adalah dapat dialihkan dengan lancar sesuai dengan situasi.

Hal ini didukung oleh “desain bistatik” unik AEye. Cermin terkecil dan teringan (1 mm atau kurang) dengan resonansi kecepatan tinggi 10 kHz atau lebih tinggi direalisasikan (LIDAR umum adalah desain monostatik). Dengan kata lain, cermin adalah dibuat lebih kecil Selain itu, desain bistatik memungkinkan elemen penerima cahaya menjadi besar.

LiDAR generasi berikutnya dari Continental, HRL131, mengadopsi 4SIGHT. Ini mendeteksi kendaraan hingga 300m dan pejalan kaki hingga 200m. Produksi dijadwalkan akan dimulai pada tahun 2024.

See also  9 Types Of Robotics Software You Might Consider For Your Robot - Robodk Blog

Jika evolusi LiDAR konvensional adalah “peningkatan kinerja sebagai perangkat keras”, arah evolusi 4SIGHT ditentukan oleh perangkat lunak. Dimungkinkan juga untuk terhubung dengan sensor lain seperti GPS, kamera, dan radar, dan memperbarui fungsi melalui OTA (Over the Air). Oleh karena itu, sangat kompatibel dengan SDV (Software Defined Vehicle).

Karena ini adalah platform perangkat lunak untuk mewujudkan fusi sensor tingkat lanjut yang berpusat pada LiDAR, maka dimungkinkan untuk meningkatkan dan menambahkan fungsi nanti dengan merakitnya berdasarkan itu.

“Dalam beberapa tahun ke depan, saya ingin menjadi seperti Mobileye di LiDAR.”

Sampai saat ini, inilah yang dikatakan pada media briefing AEye yang diadakan di Tokyo pada bulan Desember. Di tempat tersebut, sampel LiDAR “HRL131” generasi berikutnya dari Continental dipajang. Ini adalah LiDAR yang dibangun di atas platform 4SIGHT AEye. HRL131 adalah LiDAR jarak jauh yang ditentukan perangkat lunak pertama di industri otomotif, dan Continental berencana untuk memasuki produksi seri pada tahun 2024.

Kali ini, eksekutif AEye datang ke Jepang untuk berdiskusi dan negosiasi bisnis dengan OEM Jepang dan Tier 1, namun targetnya tidak terbatas pada mobil. Adaptasi infrastruktur transportasi seperti smart city, rel kereta api, dan jalan tol juga menjadi bidang yang dibidik perusahaan.

See also  Cómo Usar Photoshop: Tutorial De Photoshop Para Principiantes - Gopillar News

LiDAR saat ini tidak banyak digunakan karena harganya yang mahal, namun perusahaan menegaskan akan menyebar dengan cepat dalam empat hingga lima tahun ke depan. Ini akan menjadi tanda kepercayaan bahwa kami telah menyelesaikan negosiasi dengan banyak OEM dan Tier 1 di belakang layar. Seperti Intel untuk PC, SDV mungkin ‘4SIGHT inside’.

LiDAR cerdas untuk kota pintar

Penerapan LiDAR yang dilengkapi 4SIGHT tidak terbatas pada mobil. Sebuah platform tunggal yang memungkinkan beberapa aplikasi ITS, termasuk manajemen persimpangan, pendeteksian salah jalan, pengumpulan tol otomatis, dan pengumpulan data lalu lintas. Itu dapat mendeteksi hingga 500m di depan pada satu jalur (5 jalur) di jalan raya. Ini juga kemungkinan akan digunakan di perkeretaapian (peron, pemantauan stasiun, pemantauan perlintasan kereta api, dll.) Dan bidang kedirgantaraan. Di masa depan, ini juga dianggap akan digunakan di kota-kota pintar.

You May Also Like

About the Author: author