TIPS PERAWATAN MOBIL YANG TEPAT DAPAT MENGHINDARKAN BIAYA PERBAIKAN BESAR

Perawatan mobil yang tepat – Ada sejumlah tanggung jawab yang harus dipenuhi ketika seseorang memiliki mobil. Meskipun biaya perbaikan dapat membebani keuangan Anda, pengeluaran tidak dapat dihindari. Lagi pula, mobil kita ada bersama kita setiap hari, jadi kita berhutang kepada mereka untuk memperlakukannya dengan baik.

Sudah menjadi rahasia umum bahwa mengikuti perawatan rutin mobil Anda dapat mengurangi beban kerja dan menghemat uang Anda. Jika Anda ingin mendapatkan hasil maksimal dari mobil Anda, Anda perlu memastikan bahwa Anda mengikuti perawatan rutin. Seiring waktu, mudah untuk mengabaikan perawatan mobil Anda. Indikasi peringatan kecil bahwa mobil Anda mengalami masalah dapat diabaikan dengan harapan masalah tersebut akan hilang atau setidaknya tidak bertambah parah. Faktanya, masalah kecil dapat meningkat dengan cepat, terkadang hanya dalam beberapa hari.

Lantas, apa saja taktik untuk memastikan kendaraan Anda selalu dalam kondisi prima? Baca terus untuk tips yang dapat membuat mobil Anda berjalan lancar selama bertahun-tahun yang akan datang.

Perawatan mobil yang tepat

Tetap up to date pada Perawatan mobil yang tepat mesin penting

Perawatan mobil yang tepat Meskipun ini tidak diragukan lagi merupakan perbaikan termahal untuk mobil Anda, ada beberapa langkah yang dapat Anda lakukan untuk melindungi mesin Anda dari keausan. Pastikan untuk sering mengganti oli dan perhatikan indikator suhu, serta level cairan pendingin dan antibeku. Anda akan menyelamatkan jantung mobil Anda dari kepanasan jika Anda melakukan ini.

See also  MEMASTIKAN KENDARAAN LISTRIK EV DAN ADAS YANG AMAN

Jaga kebersihan baterai

Mobil Anda tidak dapat dihidupkan atau terus berjalan tanpa listrik yang disuplai oleh aki. Namun, sistem kelistrikan di kendaraan Anda dapat mengalami malfungsi jika kotor. Untuk menghindari masalah ini, pastikan area di sekitar baterai Anda bersih sebelum melakukan perjalanan jauh. Setelah perjalanan panjang, jika lampu depan mobil Anda atau lampu lain tiba-tiba mati, mungkin sudah waktunya untuk membersihkan aki.

Ganti bantalan rem dan filter udara

Tidak ada cara untuk menggunakan mobil Anda dengan aman jika rem Anda tidak berfungsi. Namun, jika Anda tidak mengetahui tanda-tanda yang harus diperhatikan, akan sulit untuk mengukur apakah sudah waktunya mengganti pembalut Anda. Ini sebenarnya agak sederhana. Jika rem Anda mengeluarkan suara mencicit, mungkin sudah waktunya untuk menghabiskan beberapa dolar tambahan untuk memperbaikinya.

Di sisi lain, ribuan dolar untuk perbaikan unit AC mungkin diperlukan jika Anda tidak mengganti filter udara setidaknya setahun sekali, atau setiap 12.000 mil, bahkan jika menurut Anda tidak demikian. Apakah harganya dibenarkan? Tidak. Cukup ganti filter di sistem ventilasi Anda.

Uji ban Anda dan putar sesekali

Anda harus memeriksa tekanan pada semua ban Anda, termasuk ban serep, minimal sebulan sekali. Jika Anda pernah menemukan diri Anda dalam skenario di mana Anda membutuhkan ban cadangan Anda, hal terakhir yang ingin Anda lakukan adalah melihat bahwa itu tidak cukup baik untuk melakukan penggantian ban yang sukses.

See also  KENDARAAN OTONOM LEBIH BANYAK DI NEGARA BAGIAN SEDANG BERKEMBANG.

Pernahkah Anda mendengar bahwa hanya sesekali merotasi ban Anda akan sangat meningkatkan masa pakainya? Keausan ban yang tidak merata berarti keempat ban mobil Anda tidak akan mengalami penurunan dengan kecepatan yang sama. Bergantung pada kendaraan Anda, kecepatan Anda, dan kondisi jalan, pasangan ban depan atau belakang dapat mengalami keausan dengan laju yang berbeda dari yang lain. Jika Anda merotasi ban secara teratur, Anda dapat menghindari pengeluaran $400-$800 untuk satu set empat ban baru dan mendapatkan lebih banyak mil dari ban yang sudah Anda miliki.

Periksa sistem suspensi

Sistem suspensi adalah elemen rumit pada mobil Anda yang mungkin tidak pernah Anda pertimbangkan. Jika melakukan tugasnya, kebanyakan dari kita tidak terlalu memikirkannya. Jika tidak, perjalanan Anda mungkin seperti roller coaster. Anda harus mengganti keempat shock sekaligus jika ternyata salah satunya harus diperbaiki. Itu adalah kebenaran yang mengerikan, tapi yang kita semua sadari.

Jangan lupakan busi

Sayang busi begitu sering diabaikan. Semua orang tampaknya akrab dengan mereka karena mereka adalah komponen wajib kendaraan. Dan ada pembenaran yang sangat baik untuk itu. Mengganti busi adalah solusi sederhana untuk banyak masalah mesin. Untuk mencegah perombakan mesin yang mahal, penggantian busi seharga $15-$30 adalah hal kecil yang harus dibayar, sedangkan biaya perbaikan atau penggantian mesin berkisar antara $3.000 hingga $7.000! Ini perbedaan besar, bukan?

See also  NISSAN MOTOR DAN TOPPAN EDGE BERSAMA-SAMA MENGEMBANGKAN SISTEM MANAJEMEN

Periksa sabuk dan selang Anda

Memeriksa ikat pinggang dan selang Anda dapat mencegah perjalanan mahal ke mekanik di masa mendatang. Belt yang sudah aus dapat merusak bagian lain dari kendaraan Anda. Dan jika selang radiator Anda sangat rapuh, selang itu bisa pecah seluruhnya, menyebabkan mesin menjadi terlalu panas dan kehilangan daya sama sekali. Itu bukan informasi yang bagus.

Singkatnya, ingatlah bahwa ini hanya yang paling diperlukan. Jika masalah tidak segera ditangani, masalah tersebut dapat meningkat menjadi bencana yang jauh lebih mahal di kemudian hari. Jangan menunda perbaikan, apa pun penyebabnya. Menerapkan mantra “mencegah lebih baik daripada mengobati” untuk perawatan mobil adalah hal yang mudah. Merawat mobil Anda dengan cara yang benar sangat penting jika Anda ingin menghemat uang untuk perbaikan, memperpanjang umur mobil Anda, dan membantu Anda dan penumpang Anda tetap aman di jalan.

You May Also Like

About the Author: Admin