Prosedur Standar Dalam Membersihkan Suatu Tangki Solar

Sekarang ini banyak sekali ditemui suatu tangki solar digunakan, terutama pada factory-factory menengah maupun sedang. Hal yang tentunya sangat wajar mengingat tingkat penggunaan bahan bakar solar yang tinggi jelas membutuhkan tempat penyimpanan tersendiri agar lebih efektif dan efisien nantinya.

Tetapi harus disadari bahwa dengan memiliki tangki solar sendiri maka sudah sewajarnya untuk melakukan perawatan terhadapnya. Bentuk perawatan tangki penyimpanan solar yang paling nyata adalah dengan melakukan tank cleaning terhadapnya. Tetapi tentu tidak boleh asal eksekusi karena ada prosedur standar dalam melakukannya.

Prosedur standar dalam membersihkan suatu tangki solar terbaik bertujuan agar pelaku atau orang yang melakukan pembersihan tetap terjamin keamanannya. Prosedur standar yang dimaksud sendiri yaitu sebagai berikut.

  1. Bekerja dalam tim

Ketika akan membersihkan tangki penyimpanan solar maka harap pastikan terlebih dahulu bahwa aktivitas tersebut dilakukan oleh tim, bukan seorang diri. Jumlahnya bisa minimal 3 orang meski tentu saja lebih dari itu jelas dimungkinkan asal jangan kurang. Tujuannya untuk meminimalkan risiko karena nantinya setiap orang memiliki peran yang berbeda.

  1. Jauhkan sumber api

Solar jelas merupakan bahan bakar yang mudah terbakar, sehingga sebelum melakukan pembersihan tangki solar harap jauhkan hal-hal yang dapat memicu timbulnya api. Tetapi sebetulnya memang sudah seharusnya pemicu api tak ada di dekat tangki.

  1. Siapkan alat pemadam dan peralatan P3K

Langkah antisipasi yang bisa dilakukan adalah menyiapkan alat pemadam serta peralatan P3K. karena harus disadari bersama bahwa risiko tidak bisa dihilangkan sepenuhnya. Sehingga ketika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan maka sudah tersedia alat terkait yang dibutuhkan.

Hal-hal di atas adalah prosedur standar minimum yang harus diperhatikan apabila hendak melakukan pembersihan tangki solar. Tentunya ada beberapa standar lain yang dapat ditambahkan untuk semakin meningkatkan keamanan dan tentu saja keselamatan para pekerja yang melakukannya. Perlu diketahui bahwa prosedur di atas pada dasarnya bukan hanya bisa dilakukan untuk melakukan pembersihan tangki penyimpanan solar saja. Karena untuk melakukan pembersihan tangki penyimpanan bahan bakar lainnya juga tak ada salahnya memperhatikan prosedur di atas.

 

 

Tagged : /

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *