Yg Harus Dilakukan Setelah Merakit Pc Desktop

Merakit komputer desktop sebetulnya bukan perkara yg sulit. Anda tinggal memasang dan menggabungkan komponen satu menggunakan komponen yg lain sesuai petunjuk dalam buku manualnya.

PC (Personal Computer) desktop memang dirancang untuk lebih fleksibel sebagai akibatnya dapat dipahami oleh banyak orang. Itulah sebabnya masih banyak (mungkin malah makin banyak) orang yang lebih memilih merakit komputer sendiri ketimbang membeli produk PC jadi (branded/All-In-One/built-up)/laptop.

Setelah merakit PC, bukan berarti pekerjaan selesai. Ada beberapa hal yang wajibdilakukan sehabis merakit PC khususnya pada personal komputergaming/desain/editing. Kita masih wajibmemastikan personal komputertersebut dapat dipakai menggunakan baik. Hal ini krusial dilakukan agar PC tersebut nir mengalami kendala pada lalu hari.Apa saja yang mesti dilakukan setelah selesai merakit PC desktop ?

Simak penjelasannya berikut iniDaftar isiCek kembali hasil perakitan komponen personal komputer

Sebelum dinyalakan, pastikan seluruh komponen hardware PC telah terpasang dengan sahih. Teliti semua kabel penghubung antar komponen terutama kabel power. Jangan lupa mempelajari pengunci komponen penting misalnya pendingin CPU, memori RAM, kartu grafis, dan storage. Baca kitabmanual yg disediakan oleh vendor masing-masing komponen komputer.

Bila ada, gunakan teknik manajemen kabel agar output rakitan terlihat rapi dan nir semrawut. Manfaat manajemen kabel selain sebagai estetika, jua buat melancarkan sirkulasi udara pada casing yg bisa meningkatkan kinerja pendinginan komponen.

Komponen yg terlalu panas dapat mengganggu kinerja komputer & bahkan dapat menghambat fisik komponen tersebut. Untuk perangkat di luar sistem semisal monitor, keyboard, & mouse pastikan juga telah tersambung.Pastikan mampu melewati UEFI/BIOS

Setelah seluruh komponen sudah terpasang dengan baik, silahkan menyalakan komputer tadi. apabila tidak terdapat hambatan atau kesalahan waktu proses merakit PC, sistem sanggup eksklusif booting ke sistem operasi. Bila belum ada sistem operasi yg terpasang, mungkin akan timbul pesan error jika OS nir ditemukan.

Terkadang, sehabis komputer terselesaikan dirakit justru terjadi beberapa perkara sepertipersonal komputernir mampu menyalamonitor hanya menampilkan layar kosong (blank). Untuk cara mengatasinya, dapat anda baca dalam artikel dengan judul Begini Cara Mengatasi Layar Blank Saat PC Dinyalakan terdengar suara beep berulang kalilayar UEFI/BIOS menampilkan pesan error

See also  Cómo Usar Photoshop: Tutorial De Photoshop Para Principiantes - Gopillar News

Hal tadi menandakan bila komputer mengalami kegagalan proses POST. Untuk lebih memahami proses POST pada komputer, anda dapat membaca artikel yg berjudul Memahami Proses POST Pada UEFI BIOS.Monitor no signal. Sumber : Juandev, CC BY-SA 4.0 https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0, via Wikimedia Commons

apabila personal komputertidak menyala, periksa semua kabel power. Periksa jua kabel power berdasarkan power supply yg terhubung pada komponen penting dalam casing. Pastikan jua kabel power pada front panel casing telah terhubung dengan benar.

Untuk monitor yang hanya menampilkan layar kosong, coba periksa kembali kabel konektor antara monitor dengan perangkat grafis. Bila perlu, coba pakai konektor grafis on-board pada I/O panel motherboard.

Jika komputer mampu menyala dengan normal tetapi kemudian datang-tiba mengalami shutdown (mati) atau restart sendiri, berarti ada komponen hardware yg bermasalah. Untuk mengatasinya, bisa anda baca dalam artikel dengan judul Komputer Tiba-datang Restart Sendiri ? Ini Cara Mengatasinya Pasang sistem operasi dan aplikasi pendukung

Jika anda merakit komputer menggunakan komponen baru, yang harus dilakukan berikutnya yaitu memasang sistem operasi. Silahkan ikuti langkah-langkah instalasi sistem operasi sesuai yang disarankan sang vendornya. Pastikan proses instalasi berjalan dengan baik supaya tidak sebagai menyebabkan masalah nantinya. Sistem operasi yg dipasang wajibsesuai menggunakan kebutuhan anda, bisa Windows atau Linux.

Jangan lupa juga buat menginstall driver perangkat yang tersedia. Driver sangat penting karena dapat menyediakan akses & fungsi-fungsi spesifik dalam komponen hardware. Dengan begitu, seluruh komponen dapat digunakan secara aporisma.

Saat ini telah hadir sistem operasi Microsoft terkini yaitu Windows 11. Sebelum bisa menginstal sistem operasi tadi, anda harus mengunduh arsip ISO installernya. Caranya & langkah-langkahnya bisa dibaca dalam artikel menggunakan judul Cara mendapatkan ISO Windows 10 Asli & Gratis berdasarkan Microsoft.Lakukan pengujian dalam komputer!

See also  OKI dan Sumitomoberpartisipasi dalam "Eksperimen Demonstrasi untuk Meningkatkan Keamanan di Situs Lintasan" menggunakan 5G lokal.

Tahapan ini mungkin acapkali dilewatkan sang banyak pengguna yg merakit komputer gaming sendiri. Asal PC bisa nyala, ya lanjut! Apalagi jika yg dirakit “cuma” PC biasa menggunakan budget tidak terlalu mahal. Padahal proses pengujian ini krusial buat dilakukan. Tujuan melakukan pengujian pada PC rakitan antara lainMemastikan semua komponen bisa bekerja aporisma & stabilMengukur kinerja komputer terutama ketika mengerjakan tugas yg beratMenguji ketahanan hardware yang dipakai

Seperti yg kita memahami, semua produk buatan pabrik pasti melewati proses pengujian. Tujuannya agar produk tadi sahih-benar memiliki kualitas terbaik & bisa diterima oleh pasar/konsumen. Begitu juga PC gaming yang dirakit sendiri. Sudah seharusnya jua dilakukan proses pengujian supaya komputer rakitan sahih-sahih stabil untuk dapat digunakan sesuai kebutuhan.

Komputer didesain untuk menjalankan aneka macam program aplikasi. Untuk melakukan pengujian pada komputer rakitan, salahsatunya yaitu menjalankan aplikasi benchmark. Cara seperti ini cukup tepat buat memastikan sebuah personal komputerdapat berjalan sinkron harapan.

Aplikasi benchmark akan melakukan serangkaian pengujian pada sebuah komponen atau sistem komputer secara holistik. Hasil pengujian ini akan menaruh hasil berupa nilai yang merepresentasikan kinerja komponen/sistem PC tadi.

Sembari melakukan benchmark, ada baiknya anda juga memonitor komponen yg diuji. Perlu diketahui, proses benchmark akan membebani komponen yg diuji dengan tugas yg terbilang berat. Jika komponen tersebut mengalami kelebihan beban, dikhawatirkan komputer akan shutdown guna menghindari ketidakstabilan sistem.

Anda dapat menggunakan pelaksanaan monitor hardware seperti HWMonitor (download lewat alamat http://www.cpuid.com/softwares/hwmonitor.htmlSpeedfan (download dalam alamat http://www.almico.com/sfdownload.php

Melalui aplikasi tadi, anda bisa memonitor voltase, suhu, kecepatan kipas, dan presentase kinerja saat proses benchmark berlangsung. Sebelum mulai pengujian, sebaiknya anda menutup pelaksanaan yg dirasa tidak perlu supaya tidak terlalu membebani sistem. Menguji kinerja CPU

See also  Intelligent LiDAR adalah kunci untuk mengemudi secara otonom Platform teknologi AEye "4SIGHT" bertujuan untuk menjadi standar de facto

CPU adalah komponen paling vital pada sebuah sistem personal komputergaming. Komponen ini akan memproses seluruh instruksi yang diberikan. Pengujian dalam CPU akan memastikan komponen ini bisa bekerja dengan optimal. Aplikasi benchmark yg bisa dipakai buat menguji kemampuan CPU antara lainCinebench : Aplikasi benchmark yang menguji kinerja CPU ketika merender scene tiga dimensi. Pengujian ini akan memanfaat semua core dalam CPU. Cinebench juga bisa menguji kinerja single CPU core. Hasil benchmark ini berupa poin, semakin tinggi poin, semakin baik kinerjanya. Download Cinebench via https://www.maxon.net/en/products/cinebench/SuperPi : Aplikasi yang menguji kinerja single thread pada CPU khususnya buat instruksi x86 floating point. Selain itu, pelaksanaan ini pula bisa menguji efisiensi memori RAM. SuperPi menguji CPU dengan cara melakukan kalkulasi Pi sampai jutaan digit. Semakin cepat CPU & RAM yang diuji, semakin cepat pula kalkulasi yang didapatkan. Download SuperPi melalui http://www.superpi.net/Download/HWBOT Prime : apabila SuperPi menguji kemampuan single thread, pelaksanaan ini menguji kemampuan multi thread dalam CPU. Jika anda menguji CPU dengan jumlah core lebih dari 2, aplikasi benchmark ini mampu jadi pilihan. HWBOT Prime diciptakan menggunakan basis platform Java. Saat menggunakan aplikasi ini, anda harus menginstal JRE (Java Runtime Environment) terlebih dahulu. Download HWBOT Prime lewat alamat http://url.hwbot.org/1ahLmxJwPrime : Aplikasi ini menguji kemampuan kemampuan multi threads dalam multi-core CPU. Selain itu, jua bisa digunakan buat menguji kestabilan CPU karena bisa menaruh beban yg cukup berat. Download wPrime dalam alamat web http://url.hwbot.org/1wnhwS4Menguji kemampuan memori RAMMemory Testing. Credit : Lklundin, https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 CC BY-SA 4.0, via Wikimedia Commons

Memori RAM adalah loka seluruh proses komputasi desktop dilakukan. apabila memori RAM mengalami crash atau tidak stabil, tentu akan sangat mengganggu pekerjaan. Pengujian kestabilan memori RAM perlu dilakukan supaya komputer terhindar dari hal-hal tersebut.

You May Also Like

About the Author: Admin